ads

"Gadis/Wanita mabuk setelah pesta", adalah malware

Tags:
SenseNews, Medan - Jika anda melihat konten "Wanita mabuk setelah berpesa" atau "Gadis mabuk setelah pesta" ketika anda sedang mengakses akun facebook anda. Sebaiknya anda harus teliti dan tidak langsung klik kontet tersebut. 

Konten tersebut merupakan malware yaitu jenis virus yang disebar luaskan melalui facebook akhir-akhir ini. Jika anda menggunakan OS android ketika mengakses facebook, maka anda akan di arahkan ke tautan download aplikasi UC Browser. Sedangkan bagi adan yang menggunakan Personal Computer akan diarahkan ke situs penyimpanan Dropbox (yang dulunya gratis space 2Gb dan bebas sharing, sekarang tidak).

Nah, ke dua link yang mengarahkan pengguna android atau PC akan diminta input berupa pengisian data akun dan password verifikasi. Padahal sebenarnya itu merupakan jebakan link di Dropbox yang dialihkan ke situs Youtube palsu.
konten malware yang menyerang wall facebook
 
Situs Youtube palsu tersebut akan meminta korban untuk menginstall sejenis codec yang didapat dari jebakan tautan "Wanita/Gadis mabuk setelah pesta". Padahal yang diinstall adalah virus atau jenis malware bukan merupakan codec. 

Negara sebelah, Malaysia juga tersebar virus ini, bagaimana tidak. Jika akun facebook kita menjadi korban malware tersebut, maka kawan facebook kita juga ikut terserang. Analis keamanan Internet, Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengungkan tautan itu memanfaatkan Goo.gl url shortener dan dropbox untuk menyebarkan malware. “Sumber malware diperkirakan dari Malaysia dan saat ini administrator Facebook sedang bekerja keras membasmi posting-postingan yang menyebar dengan masif di wall pengguna Facebook terutama dari Indonesia dan Malaysia,” jelasnya di Detik, Senin (11/12/2014).

Alfons meyakini modus ekonomi juga menjadi latar belakang penyebaran jebakan ini. Betapa tidak? Saat diklik, pengguna bakal disodori aplikasi UC browser for Android. “Pengetesan yang kami lakukan di Android begitu,” lanjutnya. Dari kita, hal seperti ini juga harus lebih teliti dan tidak langsung klik tautan yang tidak jelas sumbernya, demi kenyamanan dan keamanan pribadi kita masing-masing.

Post a Comment

Lagi Hangat